Mengenal Jejak Negeri Saba

Jejak Nabi Sulaiman di tanah Jawa yang berjarak waktu +30.000 tahun yang lalu dan sekitar misteri Candi Borobudur sebagai “singgasana Ratu Saba” yang dipindahkan Jin dalam semalam seperti diinspirasi oleh ayat Al-Qur’an terutama surah An-Naml.

Letak Bukit Stumbu di desa Karangrejo, skitar 2,5 Km sebelah barat daya Candi Borobudur, Magelang. Ibukota dari Saba dalah Ma’rib yang sangat makmur, berkat letak geografisnya yang sangat menguntungkan.

Jejak Negeri Saba

“Saba Versi Al-Qur’an”, tidak ditemukan adanya hutan di Yaman (Q.S. Saba: 15), tidak ada tempat bersujud Kaum Saba (Q.S. An Naml: 24), dan tidak ada bukti bangunan yang berdiri di lembah di antara dua hutan (Q.S. An Naml: 40).

“Sesungguhnya bagi kaum Saba’ ada tanda (kekuasaan Allah) di tempat kediaman mereka, yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan kiri, (kepada mereka dikatakan): “Makanlah olehmu dari rezeki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun”. Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun-kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr. Demikianlah Kami memberi balasan kepada mereka karena ke-kafiran mereka. Dan kami tidak menjatuhkan azab (yang demikian itu), melainkan hanya kepada orang-orang yang sangat kafir.” (QS Saba’, 34: 15-17).

Sebagaimana yang kita tahu, Nabi Sulaiman diceritakan mendatangi seorang Ratu bernama Bilqis beserta kaumnya yang menyembah matahari (Q.S. An Naml: 24). Dan, kedatangan Nabi Sulaiman ke negeri Saba ini didapatkan dari pesan burung Hud-hud yang menyuruhnya untuk pergi ke sana, ke tempat pertemuan di istana yang orang Jawa sekarang menyebutnya Istana Ratu Boqo (Bilqis).

Candi Boko - Jejak Negeri Saba

Candi Boko – Jejak Negeri Saba

Tempat ini (Saba) jika ditelaah secara etimologis, bisa diambil dari akar bahasa Jawa dimana Saba berarti pertemuan, dan Wana –tempat dimana istana ini berdiri– berarti hutan. Sampai sekarang, tempat itu masih ada, yakni Wanasaba, atau Wonosobo.

“Sesungguhnya bagi kaum Saba’ ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah hutan di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): “Makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun.” (Q.S. Saba: 15).

Sejatinya, Al Quran adalah sebaik-baik tafsir dan Allah Swt telah memeliharanya, sebagaimana Ia memelihara ayat-ayat yang masih bisa kita lihat sampai detik ini. “Dan Kami datangkan kepadamu suatu yang benar dan yang paling baik penjelasannya. (Q.S. Al Furqon: 33).

Ayat ini pun ada pada kisah Nabi Nuh, dimana kapalnya ditemukan di Puncak Gunung Ararat. “Dan sesungguhnya telah Kami jadikan kapal itu sebagai ayat (pelajaran), maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (Q.S. Al Qomar: 15).

 Istana Ratu Boqo (Bilqis).

Secara metodologis, lontaran teori Stumbu DLA diatas didasarkan pada fakta-fakta ayat Al-Qur’an yang difahami secara simbolik berisi simbol-simbol matematis atas budaya penciptaan alam seisinya.

Menurut Ust. Fahmi Basya (“FB”) yang lulusan Matematika MIPA UI tahun 1983, Dosen Matematika UIJ dan Dewan Pakar ICMI Jakarta Barat (2004) ini, terdapat 13 alasan mengapa Negeri Saba terletak di Indonesia dan bukan di Negeri Yaman seperti dipercaya ahli mufassir Al-Qur’an.

Keseluruh 13 bukti tentang Negeri Saba menurutnya bisa ditemui di Pulau Jawa, mengarah keberadaan Ratu Boko dengan Borobudurnya. Analisis khusus FB sejak tahun 1982 melahirkan beberapa buku seperti Matematika Al-Quran (2003) dan Sejuta Fenomena Al-Qur’an (2008).

13 Bukti Negeri Saba di Indonesia

1. Bahwa penjelasan QS 27:22 tentang negeri Saba tidak ditemukan di Yaman, sedangkan bukti tersebut ditemukan di Pulau Jawa (Wana Saba = Wonosobo).

 2. Arti kata saba (sabun) tidak ditemukan nama Sabun di Yaman, sedang arti lain kata saba (hutan) juga tidak ditemukan disana. QS 27:24 ‘Untuk Saba pada tempat mereka ada ayat, dua hutan sebelah kanan dan kiri’.

Negeri Saba

 3. Kandungan ayat QS 27:24 “…dan aku dapati dia dan kaumnya bersujud kepada matahari dari selain Allah”. Di dalam sejarah tak ditemukan sebuah tempat di Yaman yang masyarakatnya bersujud kepada matahari, sedangkan di Pulau Jawa berlokasi di Komplek Ratu Boko dengan beberapa bukti pendukung.

 4. Bukti itu seperti (27:40) adanya bangunan (‘arsy/singgasana) yang dipindahkan ke suatu lembah berjarak terbang burung dalam waktu singkat. Tentang siapa yang memindahkan dan bagaimana dipindahkan, tafsir ayat tersebut mengisahkan yang memindah singgasana Ratu Saba adalah JINN IFRID selesai sebelum Nabi Sulaiman mengerlingkan mata. FB menerangkan, terdapat peran JINN dalam realisasi ruang waktu disini, bahwa makhluk ini memiliki syarat ilmiah memindahkan arsy Saba tersebut ke Lembah Semut. Berdasar hukum kecepatan cahaya, makhluk Jinn mampu dengan mudah dan super cepat memindahkan suatu bangunan. Diketahui peristiwa seperti ini bukan tidak pernah ada, bahkan terjadi pula dibelahan bumi lain. Demikian pula relativitas pemahaman manusia akan membatasi kebenaran nash ini.

 5. Menurut FB, lokasi kabar dalam QS 6:67 ada ditemukan sisa-sisa dan tandanya di Komplek Ratu Boko yang berjarak 36 Km dari Bukit Stumbu tenggara Borobudur. Di lembah Stumbu inilah arsy Saba tersebut dipindahkan sebagai kini dikisahkan RAKYAT (34:19) sebuah Candi BOKO dan Borobudur. Mereka kerjakan untuknya apa yang ia kehendaki dari gedung-gedung yang tinggi dan Patung-patung dan Piring-piring seperti kolam dan kuali-kuali yang tetap (34:13).

 6. Ayat tentang SABA QS 34:16 ’dan sesuatu yang disebut Sidrin Qolil ’ masih ditemukan bukti sedikit itu pada Gerbang Ratu Boko dan Serpihan Stupa Candi Borobudur.

7. Ayat 34:16 ’…dengan dua kebun yang mempunyai rasa buah pahit’ bisa ditemukan Pulau Jawa. Makna buah Maja yang Pahit seperti ini lagi-lagi tidak ditemukan di Negeri Yaman, bagi teori yang menyebut lokasi sejarah SABA.

buah Maja yang Pahit

8.  Peristiwa besar yang disebut dalam QS 34:16 tentang adanya BANJIR yang merubah peta dataran Asia dengan adanya Palung Sunda. Maka kami menjadikan mereka buah mulut dan kami hancurkan mereka sehancur-hancurnya.

9. QS 34:19. Menurut FB, peristiwa banjir dahsyat tersaebut menyebabkan wilayah SABA hancur menjadi berpulau-pulau, belum pernah dalam sejarah kehancuran suatu negeri hingga menjadi lebih 17.000 pulau seperti Nusantara ini.

10. Adanya catatan pembatasan pada perjalanan QS 34:18. Jarak perjalanan dimaksud sebatas kekuatan terbang ideal seekor Burung (Hud Hud) sepanjang 36 Km.

11. Angka 36 (km) menurut FB merupakan bukti kesebelas keberadaan Saba di Jawa Tengah, merupakan jarak antara Komplek Ratu Boko sekarang dengan lokasi Candi Borobudur di Magelang.

12. Adanya surat Nabi Sulaiman (27:28) yang dibawa burung Hud Hud kepada Ratu Balkis, menurut FB tiada lain dicampakkan kaki-kaki burung tersebut di pelataran istana Boko yang disebutnya sebagai Sidril Qolil, kata ini dua kali ditemui di dalam Al-Qur’an.

Burung “HUD” direlief Candi Borobudur (Sleman)

13. Adanya taabut peti wasiat. Menurut FB dalam ekspedisi diatas dari bunyi QS 27:29-30 ’Berkata Ratu Balqis: “Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia.

Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sungguh (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.’ Inilah beberapa pembuktian kisah Nabi Sulaiman yang sampai kepada pemahaman bahwa Negeri Saba benar-benar terhubung kepada bangunan arsy di Jawa.


Sebarkan Artikel Ini

  • http://www.facebook.com/kapak.tujahh Kapak Tujahh

    asal bkn jawanisasi lg wakakakakaka

    • joe

      hahahaha…betol

  • ian

    maksa banget…

  • http://www.facebook.com/arul.argobel Arul Slanker Argobel

    ilmu otak-atik mathuk

  • al-biruni

    cerita yang diada-adakan atau yang bener.. rasanya, boleh ngak dipercayai cerita sebegini.. aku ngak percaya.. tiada bukti dari mana-mana organisasi, mana mungkin sih..

  • fla

    Mungkin aja krn tidak yg ada yg tiddak munkin jika Alah menghendaki. Gali lbh dalam bang blm tentu peneliti luarnegri tdk bisa salah.

  • http://www.facebook.com/hazelicha Ria Eka S. Meyda

    masuk akal, tinggal cari bukti2 pendukung lain untuk memperkuat hipotesa

  • Jko

    Bismillahirrohmannirhohim…..secara methodologies ilmiah bapak kh basra meneliti negeri Saba, Dan Allah mempersilahkan juga manusia membuktikan ayatollah ayatnya,….luar biasa

  • http://www.facebook.com/erickputra.runthegun Erick Putra Runthegun

    mungkin saja benar,dan boleh jadi nabi adam pertama turun kedunia bisa jadi di nusantara juga…

  • http://www.facebook.com/erickputra.runthegun Erick Putra Runthegun

    karena nusantara penuh dgn keajaiban dan hal-hal yang luar biasa…..

  • arman

    namanya juga penelitian masa lalu. bisa benar bisa juga salah. seperti penelitian tentang punahnya dinosaurus khan juga memiliki banya versi meski si batu meteor yang menjadi dalangnya menempati peringkat pertama penyebab punahnya tapi tetap saja ada kemungkinan lain yang lebih tepat. jadi terus aja di teliti lebih lanjut dah.

  • http://www.facebook.com/emons.java.9 Emon’s Van Java

    Siip lanjudkan penelitiannya,,, sebenarnya banyak rahasia yang belum terungkap di tanah jawa ini….

  • ariev jenz

    mnrt saya g masuk akal bla g cndi borobudur dan kraton ratu boko d kaitkan dengan nabi sulaiman…candi borobudur mrt sumber didirikan skitar thn 800 masehi , sdangkan 1 masehi dipercaya nabi isa sdah ada.. jd mana mungkn candi borobudur d jadikan singgasana ratu balqis,, sedangkan nabi sulaiman yg statusny pendahulu nabi isa yg lahir sebelum masehi..

  • djiwo

    Percaya g percaya semua akan terungkap kebenaranya ∂ΐ akhirat….

  • Manusia yg ingin tahu

    ne seperti lelucon utk anak2 …
    zaman Nabi Sulaiman sudah psti org nya bertubuh besar n tinggi …
    tp di liat dr gerbang nya candi Ratu Boko tdk begitu yg aku perkirakan …
    menurut aku gerbang di candi Ratu Boko hanya bisa di lewati / msuk sesuai dgn mnusia zmn skrg…
    luas area di candi Ratu Boko nya aja gak bgtu luas utk zmn Nabi Sulaiman, mgkn istana Ratu Boko hnya seperti gubuk kecil ya …
    y bs di katakan sprti rmh KPR dgn 2 kmr…
    hahahaha

  • soematrakoe

    Assalamualaikum. .kenapa semua sejarah dan cerita melegenda..semuanya berkaitan dengan jawa…
    Apakah daerah dan suku yang lain di indonesia nggak ada sejarah yaaaaaa….?????.??….???????

  • Fuad Adam

    Penulis ga tau ayat-ayat Al-Quran yang di palsukan artinya oleh KH. FAHMI BASA! Buka Al-Quran… Artinya di pelintirkan demi jualan buku… sekali lagi “BUKA ALQURAN”

  • novi

    wajib ,.. di pahami dan diteliti

  • Abel Nur Irawan

    jangan suka mentertawakan atas apa2 yg belum anda tahu.. mungkin saja anda yg salah, dan kh fahmi malah yg benar…

  • Al-Anam

    Ustad ini memalsukan ARTI dari Al-Quran… Hati-hati…!!! bener ternyata coba buka Al-Quran… Artinya beda lohhh! Dasar Ustad Gadungan!!!

  • adhitiya

    FB ini sangat mengeda ada. saya sudah membaca bukunya (terpaksa).risalah yg dibawa seluruh nabi dan rasul adalah TAUHID. sedangkan menurut FB, nabi Sulaiman (yg merupakan utusan Allah SWT) memerintahkan jin (yang saat itu dibawah kendali Nabi Sulaiman) untuk membuat patung dan relief (yg ada di Borobudur). sedangkan bapak para nabi (Ibrahim) hingga nabi akhir zaman menghancurkan patung2, karena bertentangan dengan tauhid.

    Dan hitung2an beliau ttg al Qur”an lebih mengada-ada lagi. padahal ilmu tersebut tak pernah ada dan digunakan para ulama terdahulu

    • Isma aja

      tujuannya sama bung nabi sulaiman memerintah jin utk membuat patung untuk tanda untuk pembelajaran sedangkan nabi Ibrahim menghancurkan patung2 untuk penyembahan sebagai Tandingan Alloh SWT…..

    • winsainsa

      ITU sigh ente yang gk belajar Al Quran, ada kok ayatnya Kali nabi sulaiman bust paying, hang an nasal nyalahin orang, salahin diri ente sendiri

  • ridwanindi

    subhanallah, memang banyak sekali disebut dalam alqur`an, bahwa hanya sedikit kaum yang mau tafakaru(memikirkan), ayat(tanda”) kebesaran ALLAH, dan memang nabi itu menyebar di seluruh dunia bukan hanya di arab saja, maju terus FB, penelitianmu sungguh membuktikan kebenaran alqur`an, dan hanya orang yahudi yang menyangkal hasil penelitianmu, ALLOHUAKBAR……

  • bhayu

    Allahuallam…

    sejujurnya saya peryaya dengan Indonesia sebagai peradaban dunia, bukan hanya artikel di atas ini yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah peradaban dunia, banyak artikel-artikel yang serupa, dengan penulis dari manca negara,, bahkan ada yg menyebutkan nusantara dulu adalah penguasa 2/3 bumi,

    Anda bisa cari di google Indonesia dan atlantis.

    karena saya suka membaca artikel-artikel sama seperti anda sekalian,

    lupakan sejenak tentang perdebatan agama, kita lihat bukti yang ada, kita pahami dengan fikiran positif,

    Karena nenek moyang kita dulu adalah penguasa dunia, sebelum gempa dan lava gunung2 dipulau kita hancur, maka jadilah pulau ini menjadi berkeping2.

    Tapi sesungguhnya Allah Maha Tau apa yg tidak kita ketahui, so mari kita hargai penelitian. salam damai untuk semua. :)

  • arya

    saya percaya dengan apa yang di sampaikan

  • Mulya MZ

    Seharusnya judulnya “Borobudur versi Fahmi Basha” sebab cuma analisis otak atik gathuk. Coba aja fikir, berapa kamar yang dimiliki candi tsb & berapa orang kira2 yang bisa bertempat tinggal/menginap disana. Apa sesuai dengan kebesaran negeri Saba? & bandingkan antara usia Borobudur dan masa keberadaan Nabi Sulaiman apa sudah sesuai? Bila ternyata tidak sesuai maka malah dapat melecehkan Al Quran (dikatakan ayatnya tidak benar/palsu), padahal orang yang menafsirkannya yang keliru.

  • hamba ALLAH

    ya jelas beda….
    nabi sulaiman memerintahkan jin untuk membuat patung itu semua demi ilmu.. pelajaran bukan untuk disembah…. media apa pun jika tujuannya baik itu sah saja.. sedangkan nabi ibrahim menghancurkan patung karna patung itu disembah… bisa gak ente bedakan…

    baca artikel : menarik benang merah antara benua atlantik dan negeri saba….

    ingat indonesia adalah negara yg besar… dan pernah menjadi peradaban dunia… hindu atau pun islam terbukti dari kerajaan kerajaan yg menguasai asia dan para wali yg datang dari tanah arab… dan china pun ikut meramaikan budaya di indonesia……..dan di artikel ini hanya indonesia yg memiliki ciri2 yg diceritakan dalam AL-QUR’AN….
    segala sesuatu (benda, tempat dll) yg diceritakan dalam dan masuk kedalam AYAT AL-QUR’AN pasti masih ada jejak sejarahnya… sepeti fir’aun dan bekas kapal nabi NUH…

    jadi bagi ente yg tidak mengerti dan tidak bisa diterima oleh akal sehat kalian jgn sok tau dan meremehkan hasil penelitian org….apa kalian bisa menghasilkan sebuah artikel penting???

    pada dasarnya semua agama di muka bumi ini bertujuan sama yaitu mengajarkan kebaikan termasuk menghargai org lain.

  • widheart

    Wah….sebuah kebenaran yang terdengar sangat-sangat gila, tapi masuk akal. Teruskan penelitian mu sobat, saya mulai tertarik dengan posting anda

  • widheart

    Wah….sebuah kebenaran yang terdengar sangat-sangat gila, tapi masuk akal. Teruskan penelitian mu sobat, saya mulai tertarik dengan posting anda

  • abdullah

    Bepaksaan walai.. alias maksa banget. orang indonesia kan pesek2 mana mau nabi sulaiman yg teramat ganteng itu dg ratu boko..kwawawa.. lagian relief di borobudur ada cewek2 yg kelihatan auratnya alias gak pake bikini.. masa sih nabi sulaiman memerintahkan yg demikian.. kembalilah sebelum tersesat jauh.. dan bukalah hadist rasulullah ttg apa itu kaum saba’.. jgn terlalu banyak berhipotesa.. ingat dalam al-qur’an Allah melarang kita mentakwilkan sesuatu yg bersifat hipotesa: ayat Allah ada yg muhkamat dan mutasyabihat. Ayat yg mutasyabihat atau perlu penafsiran yg mendalam hanya bs dilakukan oleh ulama2 tafsir yg mmg dikhususkan utk itu bukannya org yg mengerti kulitnya aja. Untuk dpt memahaminya selai berilmu tinggi juga harus ber-maqom tinggi pula salahsatu syaratnya adalah tidak pernah berbohong dlm hal apapun. jadi klo pernh merasa berdusta (walaupun bercanda) tidak layar untuk menakwilkan alqur’an. cukuplah kita taklid kpd para ulama2 yg sholeh. contohlah imam bukhari , beliau aja tdk berani mengutip suatu hadist yg dirawikan olwh seorg alim tapi berbohong kpd ternaknya seolah2 ada makanan di tangannya agar mau mendekat. Umar bin khatab ra bergelar al faruq krn tidak mau berhipotesis dlm hal agama. hitam ya hitam, putih ya putih. sesuatu yg belum jelas ada posisi subhat. apabila subhat terus dipelihara akan jauh melenceng dari sunnah Rasulullah saw.. semoga Allah menganugerahkan kita kehati2an..amin. Allahu ta’ala a’lam..

  • abdullah

    Bepaksaan walai.. alias maksa banget. orang indonesia kan pesek2 mana mau nabi sulaiman yg teramat ganteng itu dg ratu boko..kwawawa.. lagian relief di borobudur ada cewek2 yg kelihatan auratnya alias gak pake bikini.. masa sih nabi sulaiman memerintahkan yg demikian.. kembalilah sebelum tersesat jauh.. dan bukalah hadist rasulullah ttg apa itu kaum saba’.. jgn terlalu banyak berhipotesa.. ingat dalam al-qur’an Allah melarang kita mentakwilkan sesuatu yg bersifat hipotesa: ayat Allah ada yg muhkamat dan mutasyabihat. Ayat yg mutasyabihat atau perlu penafsiran yg mendalam hanya bs dilakukan oleh ulama2 tafsir yg mmg dikhususkan utk itu bukannya org yg mengerti kulitnya aja. Untuk dpt memahaminya selai berilmu tinggi juga harus ber-maqom tinggi pula salahsatu syaratnya adalah tidak pernah berbohong dlm hal apapun. jadi klo pernh merasa berdusta (walaupun bercanda) tidak layar untuk menakwilkan alqur’an. cukuplah kita taklid kpd para ulama2 yg sholeh. contohlah imam bukhari , beliau aja tdk berani mengutip suatu hadist yg dirawikan olwh seorg alim tapi berbohong kpd ternaknya seolah2 ada makanan di tangannya agar mau mendekat. Umar bin khatab ra bergelar al faruq krn tidak mau berhipotesis dlm hal agama. hitam ya hitam, putih ya putih. sesuatu yg belum jelas ada posisi subhat. apabila subhat terus dipelihara akan jauh melenceng dari sunnah Rasulullah saw.. semoga Allah menganugerahkan kita kehati2an..amin. Allahu ta’ala a’lam..

  • hendrasuhendrahendra

    komentar yang muncul pada umumnya hanya ingin orang ragu atas temuan ilmiah ini. Bagi saya ini merupakan kajian yang sangat bagus dan masuk akal, meski belum sangat sempurna

  • hendrasuhendrahendra

    bagi saya, brobudur peninggalan jaman nabi sulaiman, masuk akal meski uraiannya belum sempurna. Banyak relief yang belum diberi penjelasan mungkin karena relief itu banyak di tambah-tambah ketika terjadi pemugaran.

  • hendrasuhendrahendra

    Mungkin saja ada kesamaan kaum saba di yaman dan kaum saba di Indonesia walau itu bersifat kebetulan, tetapi jika diyaman dilakukan penggalian, tentu bebatuannya masih bisa ditemukan dengan banyak berserakan dibawah tanah. sebgian kuam saba tidak semuanya binasa, karena sebagian ada juga yang pergi ketempat yang dianjurkan tuhan.

  • hendrasuhendrahendra

    kalau kita perhatikan precisi potongan batu, pada candi brobudur dan citus gunung padang di cianjur pasti dikerjakan dengan alat yang canggih bahkan lebih canggih dari masa sekarang. bayangkan kekerasan kandungan karbonnya yang ada pada batu tersebut tidak bisa dipotong hanya dengan gergaji mesin biasa, kecuali pisau gergaji bermata intan. Jadi uraian Prof.
    Fahmi Basha lebih masuk akal dari pada para penentang yang mencoba menggiring opini agar orang menjadi ragu.

  • Amin Udin

    Dalam sejarah selalu ada ruang kosong untuk ditafsirkan. Dan KH Fahmi Basya mencoba menafsirkan itu dengan cukup logis. Namun yang menjadi kendala, ketika catatan sejarah yang sudah bergulir menyatakan bahwa Saba’ itu ada di Yaman Selatan dan Candi Borobudur peninggalan Sailendra, maka bagaimana membalik catatan itu ke penafsiran KH Fahmi Basya. Karena sebagian besar orang mindset-nya sudah terlanjur terbakukan dengan catatan yang sudah ada. Tetapi bagaimanapun penafsiran KH Fahmi Basya, saya tetap menyatakan luar biasa. Saya mendukung secara penuh untuk membalik sejarah itu, jika memang terjadi pembohongan terhadap catatan sejarah yang sudah ada.

  • Amin Udin

    Dalam sejarah selalu ada ruang kosong untuk ditafsirkan. Dan KH Fahmi Basya mencoba menafsirkan itu dengan cukup logis. Namun yang menjadi kendala, ketika catatan sejarah yang sudah bergulir menyatakan bahwa Saba’ itu ada di Yaman Selatan dan Candi Borobudur peninggalan Sailendra, maka bagaimana membalik catatan itu ke penafsiran KH Fahmi Basya. Karena sebagian besar orang mindset-nya sudah terlanjur terbakukan dengan catatan yang sudah ada. Tetapi bagaimanapun penafsiran KH Fahmi Basya, saya tetap menyatakan luar biasa. Saya mendukung secara penuh untuk membalik sejarah itu, jika memang terjadi pembohongan terhadap catatan sejarah yang sudah ada.

  • Amin Udin

    Dalam sejarah selalu ada ruang kosong untuk ditafsirkan. Dan KH Fahmi Basya mencoba menafsirkan itu dengan cukup logis. Namun yang menjadi kendala, ketika catatan sejarah yang sudah bergulir menyatakan bahwa Saba’ itu ada di Yaman Selatan dan Candi Borobudur peninggalan Sailendra, maka bagaimana membalik catatan itu ke penafsiran KH Fahmi Basya. Karena sebagian besar orang mindset-nya sudah terlanjur terbakukan dengan catatan yang sudah ada. Tetapi bagaimanapun penafsiran KH Fahmi Basya, saya tetap menyatakan luar biasa. Saya mendukung secara penuh untuk membalik sejarah itu, jika memang terjadi pembohongan terhadap catatan sejarah yang sudah ada.

  • Riwa Ndean

    oskadon emang Oyeee…!!

  • Riwa Ndean

    oskadon emang Oyeee…!!

  • Zain Udin

    Pada gila ya? Hasil reka-reka pikiran ngaco kok dibilang penenlitian! Mana laporan penelitiannya? Apa tulisan di atas itu laporannya?? WTF! Jadi pembaca mbok ya yang pinter gitu lho… malu-maluin agama aja!

    • Salam

      maaf mas zain udin (Perhiasan Agama)
      Coba anda tonton video tentang kh. fahmi basya dalam kajiannya via youtube. insya allah ada pencerahan..

  • Kresna Prayoga

    Ternyata kitapun tak pernah merasa bahwa kita keturunan bangsa besar yang sanggup membangun budaya agung…..

  • SAEFULL

    sebelumnya mohon maaf sebesar’nya bila kami katakan postingan benar” luar biasa NGAWURNYA…. bukti 1 saja, setelah kami teliti pada “alat bukti TERATAS” pada gambar postingan saja langsung ketidakmasukalan alat bukti tsb terungkap yakni : LEMPENGAN EMAS dalam gambar bertuliskan ayat dalam berbahasa Arab. Padahal Tulisan arab itu dalam sejarahnya, baru ada secara konkrit seperti sekarang ini setelah periode Huruf Ibrani. Mungkin penulis lupa, saking semangatnya shg postingan malah huruf arab, Paling sedikitnya Tulisan lempengan emas itu sesuai sejarah dan bukti konkret di timur tengah sana ialah TULISAN IBRANI. ini membuktikan bahwa Postingan ini adalah FITNAH LUAR BIASA terhadap nabiullah. Harap muslimin jangan percaya. Terima kasih

  • Hamba Allah dari Sukabumi

    Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (Al-Hijr. 9), coba buka mata hati dan fikiran kita, sudah banyak bukti apa yang ada dalam qur’an masih bisa dilihat sampai skr, diantaranya: jasad fir’aun jaman Nabi Musa, penemuan kapal nabi Nuh, penemuan ada air tawar yg tidak bercampur di kedalaman laut dll, dan Wallahu A’lam dengan negeri Saba ini juga, bukti dan tanda-tanda pasti masih terjaga. jangan dulu berkomentar miring, lihat dulu video KH Fahmi Basya, termasuk pendapat para peneliti tentang Atlantis yg saling berkaitan… mudah2an Allah SWT memberikan kita pemahaman

© 2014 Keajaiban Dunia. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users