Khasiat, Manfaat dan Kegunaan Batu Bacan

Batu BacanKEAJAIBANDUNIA.NET – Batu Bacan adalah perhiasan khas masyarakat di daerah Maluku yang sudah dikenal sejak masa kesultanan Maluku Utara.

Sebagai bukti akan hal ini, mahkota-mahkota yang dipakai oleh kesultanan di Maluku Utara selalu memiliki batu permata Bacan.

Ketika Presiden Soekarno mengunjungi kota Labuhan di pulau Bacan pada tahun 1960-an, masyarakat setempat memberi kenang-kenangan berupa batu bacan.

Konon nama Bacan diambil dari nama sebuah pulau yang berada di sebelah timur pulau Kasiruta, bernama pulau Bacan. Dari pulau inilah pertama kali batu itu diperjualbelikan sehingga batu ini lebih dikenal sebagai batu Bacan. Harga batu Bacan lumayan mahal karena terbilang langka dan istimewa.

Batu Bacan memiliki sejumlah kelebihan di banding batu permata yang lain. Batu Bacan dipercaya sebagai batu yang “hidup” dan akan berubah warnanya menjadi lebih terang dan indah seiring dengan berjalannya waktu.

Hal ini terjadi karena batu Bacan mengandung mineral Calsedoni dan Beryllium dalam jumlah yang tinggi sehingga batu akan berproses menjadi daging batu yang mengkristal  dan menjadi lebih cerah dari masa ke masa, meskipun batu Bacan tersebut sudah diolah.

Batu Bacan juga memiliki warna yang bermacam-macam seperti hijau, kuning tua, kuning muda, hijau cincau, merah, putih bening, putih susu, warna teh, keunguan, coklat, warna kembang dan hijau muda.

Batu BacanDi Indonesia ada 2 jenis batu Bacan yang beredar, yakni Bacan Doko dan Bacan Palamea.

Perbedaan antara kedua jenis bacan tersebut mudah terlihat dari warnanya. Bacan Doko kebanyakan berwarna hijau tua, sementara Bacan Palamea berwarna hijau muda kebiruan.

Sebagai informasi, nama Palamea dan Doko adalah nama desa yang terdapat di pulau Kasiruta.

Kedua desa tersebut memiliki deposit batu bacan yang banyak. Selain kedua desa tersebut, masih ada beberapa daerah di pulau Kasiruta yang juga menghasilkan batu bacan seperti desa Imbu-imbu dan desa Besori.

Kelebihan batu bacan melebihi batu giok dan tingkat kekerasan batu bacan saja 7,5 skala Mohs seperti batu jamrud. Karena kemampuannya berubah warna seiring dengan usianya, batu Bacan menjadi incaran banyak kolektor terutama yang berasal dari luar negeri. Karena itu, kini harga jual batu Bacan begitu tinggi dan menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan.

KHASIAT, MANFAAT dan KEGUNAAN BATU BACAN

Tidak banyak informasi tertulis tentang manfaat dan kegunaan khusus dari batu Bacan. Umumnya orang menggunakan batu Bacan lebih karena faktor keindahan dan kelangkaannya.

Selain itu, batu Bacan juga banyak dicari karena harganya yang terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga mendorong orang berinvestasi dengan membeli batu Bacan lalu kemudian menjualnya lagi dengan harga lebih tinggi.

Cincin Batu BacanCincin dengan Permata Batu Bacan

Khusus untuk khasiat dan kegunaan batu Bacan bagi pemiliknya sebenarnya lebih berhubungan dengan kepercayaan akan adanya kekuatan gaib di dalam setiap warna batu Bacan, sebagaimana sebagian orang mempercayai adanya kekuatan magis batu permata lainnya.

Warna-warni batu Bacan yang begitu indah dan jarang ditemukan dipandang memiliki kekuatan magis tertentu, khususnya yang berhubungan dengan keberuntungan, pengasihan dan kewibawaan. Mereka yang menggunakan batu Bacan pada perhiasannya dipandang akan selalu beruntung dan dimudahkan jalan kehidupannya.

Selain itu, pengguna batu Bacan juga terkadang mengaku pintu rezekinya terbuka lebar ketika menggunakan perhiasan dari batu Bacan. Berbagai kemudahan dan kewibawaan dalam pekerjaan dan jabatan juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak pejabat yang menggunakan cincin atau perhiasan dengan permata batu Bacan.

Kami percaya bahwa masih banyak kegunaan khusus dan manfaat dari batu Bacan yang tidak kami tuliskan di sini. Kami berharap semoga informasi seputar khasiat, manfaat dan kegunaan batu Bacan ini bermanfaat untuk menambah referensi Anda.


Sebarkan Artikel Ini

© 2014 Keajaiban Dunia. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users