Bangunan Tertinggi Di Dunia Pada Tahun 2015

 bangunan tertinggi di dunia pada tahun 2015

Di 2015 nanti, kehadiran “mereka” merombak struktur urutan gedung pencakar langit yang ada di dunia sekarang. Posisi urutan paling top, memang sedari kini sudah ditempati gedung Burj Khalifa yang memegang rekor ketinggian mencapai 828 m. Namun urutan kedua, ketiga dan selanjutnya akan ditempati pendatang baru, sebagai penyandang 5 bangunan tertinggi di dunia pada tahun 2015.

1. Burj Khalifa (828 m)

Burj Khalifa (828 m)

Burj Khalifa sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki). Menara ini mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s. Bangunan dengan paling banyak lantai: 160 (sebelumnya Menara Willis dan World Trade Center – 110 lantai).

2. Pingan International Finance Center (648 m)

Pingan International Finance Center (648 m)

Pingan International Finance Center adalah gedung pencakar langit setinggi 648 m, yang memiliki 115-lantai yang sedang dibangun di Shenzhen, provinsi Guangdong, Cina. Bangunan ini diharapkan akan selesai pada tahun 2015. Saat ini merupakan bangunan tertinggi kedua di dunia yang dalam masa pembangunan. Pingin akan menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia setelah selesai pada tahun 2015 dan tertinggi di Cina.

3. Menara Shanghai (632 m)

Menara Shanghai (632 m)

Menara Shanghai adalah calon gedung pencakar langit  baru yang dirancang oleh Arsitek Gensler dan kini sedang dibangunan di Distrik Pudong Shanghai. Gedung ini akan menjadi tertinggi dari tiga supertalls lainnya di Pudong, dua lainnya adalah Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center. Jika pembangunan rampung di 2014, Menara Shanghai akan memiliki tinggi sekitar 632 meter, dengan 128 lantai. Gedung ini akan menjadi gedung tertinggi di Cina, dan tertinggi kedua di dunia, setelah gedung Khalifa Burj di Dubai. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun gedung ini mencapai 2.2 Bilion US$.

4. Menara Abraj Al Bait (601 m)

 Menara Abraj Al Bait (601 m)

Menara Abraj Al Bait atau Makkah Royal Clock Tower Hotel adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi dan saat ini sedang dibangun. Kompleks bangunan ini dirancang oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Lokasi menara ini berada di seberang jalan Masjidil Haram, salah satu masjid suci umat Islam. Menara Abraj Al Bait dibangun untuk menampung para jamaah Haji yang semakin banyak datang ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Menara Abraj Al Bait ini juga dirancang untuk mampu menampung sampai dengan 100.000 orang. Terdapat tujuh menara dengan satu menara yang dinamakan Hotel Tower memiliki ketinggian diatas 6 menara lainnya yang diperkhususkan untuk apartemen (tinggi menara hotel adalah 601 m).

5. Lotte Super Tower (555 m)

Lotte Super Tower (555 m)

Lotte Super Tower adalah gedung pencakar langit berlantai 123 yang saat ini sedang didirikan di Lotte World 2, Seoul, Korea Selatan. Ketinggian bangunan ini mencapai 555 m dan akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia jika selesai sesuai jadwal pada tahun 2015. Terletak di dekat Sungai Han, menara akan berisi gerai ritel (lantai 1-6), kantor (7-60), tempat tinggal (61-85), sebuah hotel mewah (86-119), dan tempat akses publik (120-123) dengan dek pengamatan. Gedung ini di desain oleh perusahaan arsitektur Kohn Pedersen Fox, dimana James von Klemperer sebagai pemimpin tim proyeknya.


Sebarkan Artikel Ini

© 2014 Keajaiban Dunia. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. All right reserved. Users